Dasar-dasar Flowchart dan UML

FLOWCHART

Flowchart (arti: diagram alir) merupakan penulisan algoritma dengan menggunakan notasi grafis. Flowchart adalah bagan yang mempelihatkan tahapan dari suatu program dan hubungan antar proses beserta penyataannya. Ilustrasi ini dinyatakan dalam simbol, setiap simbol mempunyai makna tertentu untuk proses tertentu. Simbol-simbol flowchart yang umumnya digunakan adalah simbol-simbol flowchart standar yang dikeluarkan oleh ANSI dan ISO. Berikut simbol-simbol flowchart yang umumnya digunakan beserta contohnya:

UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML)

UML adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek. UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language. UML juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. Aplikasi atau sistem yang tidak terdokumentasi biasanya dapat menghambat pengembangan karena developer harus melakukan penelusuran dan mempelajari kode program. UML juga dapat menjadi alat bantu untuk transfer ilmu tentang sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan dari satu developer ke developer lainya. Tidak hanya antar developer terhadap orang bisnis dan siapapun dapat memahami sebuah sistem dengan adanya UML.

UML diciptakan oleh Object Management Group yang diawali dengan versi 1.0 pada Januari 1997. Dalam pengembangan berorientasi objek ada beberapa prinsip yang harus dikenal:

  • Object
  • Class
  • Abstraction
  • Encapsulation
  • Inheritance
  • Polymorphism

Dalam UML sendiri terdapat beberapa diagram yang wajib dikuasai yaitu:

Structural Diagram

  • Class Diagram, diagram ini terdiri dari classinterfaceassociation, dan collaboration. Diagram ini menggambarkan objek - objek yang ada di sistem.
  • Object Diagram, diagram ini menggambarkan hasil instansi dari class diagram. Diagram ini digunakan untuk membuat prototype
  • Component Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan komponen dan hubungan antar komponen. Komponen terdiri dari classinterface, atau collaboration
  • Deployment Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan node dan hubungan antar nodeNode adalah entitas fisik dimana komponen di-deploy. Entitas fisik ini dapat berupa server atau perangkat keras lainnya.
Behavioral Diagram

  • Use case Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan use case, aktor, dan hubungan mereka. Use case adalah hubungan antara fungsionalitas sistem dengan aktor internal/eksternal dari sistem.
  • Sequence Diagram, diagram ini menggambarkan interaksi yang menjelaskan bagaimana pesan mengalir dari objek ke objek lainnya.
  • Collaboration Diagram, diagram ini merupakan bentuk lain dari sequence diagram. Diagram ini menggambarkan struktur organisasi dari sistem dengan pesan yang diterima dan dikirim.
  • Statechart Diagram, diagram ini menggambarkan bagaimana sistem dapat bereaksi terhadap suatu kejadian dari dalam atau luar. Kejadian (event) ini bertanggung jawab terhadap perubahan keadaan sistem.
  • Activity Diagram, menggambarkan aliran kontrol sistem. Diagram ini digunakan untuk melihat bagaimana sistem bekerja ketika dieksekusi.

Sumber:

https://informatikalogi.com/wp-content/uploads/2017/04/Simbol-Flowchart.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOHAIXeVbVVG2mGFqjs3ZjYX4CFNYWdaCxql4P-dHZhXE0mDrQsKHM1dJJH0F9ZTMXOYmOdsbbtrPsxJG2UmCj3EVP9nf2TF-McVgYUBrQU5vp2Q-CTQUjd-RkYy3kaqWBourlvB5EdMlp/s1600/baru+1.jpg
https://www.codepolitan.com/mengenal-diagram-uml-unified-modeling-language
https://drive.google.com/file/d/1f9fVbmD_urULDyllYRTsQGpf_FFacZP8/view

Komentar